Senin, 16 Maret 2015

Resume Perkuliahan 10-03-2015 (Analisis Lingkungan Pemasaran)



Assalamualaikum MP’ers n Bloggers ....
Hari Selasa tanggal 10 Maret 2015 di R. 306 Daksinapati, saya dan teman-teman kelas kembali mengikuti mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan untuk pertemuan yang keempat, Bapak Amril Muhammad selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan menyampaiakan materi tentang "Konsep Dasar Manajemen Pemasaran". Berikut resume perkuliahan MPJ hari tersebut....

Analisis Lingkugan Pemasaran
1.      Internal (masih bisa dikendalikan, di dalam lingkugan perusahan itu sendiri)
a.      Macroenvironment
b.      Microenvironment
2.      Eksternal (berasal dari luar lingkugan perusahan itu sendiri)

Marketing Environment (Lingkungan Pemasaran)
adalah Pelaku dan kekuatan-kekuatan (Forces) di luar pemasaran  itu sendiri yang dapat mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran dalam mengembangkan dan menjaga keberhasilan transaksi.
contoh : setiap hari kita makan, makan pun dipengaruhi oleh rasa lapar (forces) ataupun ada teman yang mengajak makan (Actor)

Marketing Management Job
-          untuk menyerang dan membangun hubungan dengan konsumen agar menciptakan nilai dan kepuasaan konsumen
-          pekerjaan manajemen tidak bisa dilakukan senditi
-          keberhasilannya pun ditentukan oleh perusahan tersebut


Lingkungan Pemasaran dibedakan menjadi 2,yaitu:

A. Lingkungan Mikro : The force close to the company that affect its ability to serve its target costumers (kekuatan yang paling dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruh pelayanan perusahaan terhadap konsumen). Contohnya perusahaan itu sendiri, pemasok barang, jaringan atau agen penjualan, pelanggan, pesaing, dan masyarakat.

Lingkungan Mikro terdiri dari:

1.      The Company (Perusahaan)
-          Top management: pejabat yang mempengaruhi
-          Finance: kemampuan keuangan
-          Riset Development: pengembangan perusahaan
-          Purchasing: pembelian
-          Manufacturing: proses produksi (kualitas, jumlah, fitur pendukung)
-          Accounting: pembukuan

2.      Suppliers (Pemasok)
Pemasok sumber daya yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa perusahaan.
hal yang harus diperhatikan:
-          survet dan teliti kemampuan penyedia yang jadi mitra perusahaan
-          monitor the price trend



3.      Market Channel Firms (Perantara)
Perusahaan membantu untuk mempromsikan, menjualkan mendistribusan ke pembeli akhir. contoh : TIKI, Pos Indonesia
includes: Reseller, perusahaan pendistribusi, marketing service agencies, financial intermediet.

4.      Customer (Pelanggan)
-          Customers Markets: pelanggan dipasar
-          Bussines Markets: pasar bisnis, yaitu beli untuk dijual kembali dengan merek yang sama /tetap
-          Reseller Markets: pengusaha kecil yang menjual kembali barang yang dibeli,yaitu beli untuk dijual kembali tetapi dengan merek sendiri/yang berbeda
-          Government Markets: pasar pemerintah, misalnya barang untuk kantor,sekolah. Tidak bisa langsung beli, biasanya dengan lelang/tender
-          International Markets: pasar internasional, misalnya barang-barang ekspor
-           
5.      Public (Masyarakat)
-          Financial Public: masyarakat keuangan , misalnya bank, pemegang sahama, lembaga penanaman modal
-          Media Public: masyarakat media, misalnya masyarakat yang membeli barang yang sedang tren di berbagai media (televisi,koran,majalah,internet)
-          Government Public: masyarakat Pemerintah
-          Citizen-action Public: masyarakat pembela kepentingan umum, misalnya kelompok-kelompok demo
-          Local publics: masyarakt lokal yang harus dipekerjakan
-          Genera; Public : masyarakat umum
-          Internal publics: masyarakat dalam perusahaan.

B. Macroenvironment (Lingkungan Makro)

Lingkungan makro terdiri dari:
1.      Demografi Environment (Lingkungan Demografi)
-          Size: Ukuran (jumlah berapa banyak penduduk dalam suatu daerah)
-          Density: Kepadatan. Makin banyak masyarakat yang tinggal (yang akan menajdi konsumen)  maka makin besar peluang pemasaran
-          Location (Lokasi). Makin jauh dari pusat kota, maka makin mahal barangnya
-          Age: (Usia). Misalnya dalam suatu daerah yang penduduknya banyak anak-anak maka banyak yang menjual barang mainan
-          Gender (Jenis kelamin). Misalnya dalam suatu daerah yang penduduknya banyak perempuan, maka banyak yang menjual pakaian perempuan
-          Race (Ras).
-          Occupation (Pekerjaan). Barang/jasa dipasarkan lokasinya disesuaikan dengan pekerjaan di  lokasi tersebut, misalnya di dekat kampus banyak tempat fotocopy
-          Other Statistic (data statistik yang lain). Misalnya banyak orang berbadan besar, maka dibuat pakaian dengan size besar. Biasanya spesifik, tidak banyak jumlahnya.

2.      Economic Environment (Lingkungan Ekonomi)
Kekuatan daya beli. Potensi menghasilkan transaksi
-          Buying power: kekuatan membeli. Biasanya pada akhir bulan banyak diadakan sale di mall
-          Spending pattern: pola pengeluaran

3.      Natural Environment (Lingkungan Alam)
-          Shortages of raw materials: ketersediaan bahan baku dari alam
-          Increased cost of energy: peningkatan biaya energi
-          Increased pollution: meningkatnya polusi. Misalnya pabrik dilarang di Jakarta
-          Government intervention in natural resources management: Intervensi pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam. Misalnya pemerintah melarang ekspor minyak mentah, impor beras

4.      Technology Environment (Lingkungan Teknologi)
-          New technology: teknologi baru
-          Creating new product: membuat produk baru. Misalnya banyak kue berbagai bentuk,rasa
-          Market opportunities: peluang pasar
-          Fast pace of technology change: kecepatan perubahan teknologi. Misalnya banyak hp muncul dengan type baru dengan teknologi yang canggih
-          High Riset&Development budgets: anggaran untuk riset
-          Concentration on minor improvement: konsentrasi pada perbaikan kecil 
-          Increased regulation: meningkatnya regulasi

5.      Political Environment (Lingkungan Politik)
-          Laws: hukum
-          Government: pemerintah
-          Pressure Group: tekanan dari kelompok masyarakat (LSM,partai politik)
-          Legislation regulating bussines: peraturan kebijakan bisnis
-          Changing Government: perubahan pemerintah

6.      Cultural Environment (Lingkungan Budaya)
-          Persistence of cultural value: Ketekunan dari nilai-nilai budaya. bagaimana menjaga nilai-nilai budaya agar tetap kuat
-          Shift’s in secondary cultural value: kesiapan untuk memiliki budaya lebih dari Satu 
a.      People’s views of themselves: Orang-orang yang memandang terhadap diri sendiri
b.      People’s views of other: Orang-orang yang memandang terhadap sesuatu yang lain
c.       People’s views of organizations: Orang-orang yang memandang terhadap organisasi
d.      People’s views of society: Orang-orang yang memandang terhadap kehidupan social
e.      People’s views of nature: Orang-orang yang memandang terhadap lingkungan alam
f.        People’s views of universe: Orang-orang yang memandang terhadap dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar