Sabtu, 14 Maret 2015

Definisi Kualitas (Definition of Quality)

1)       Menurut Buddy (1997) dalam Anis Wahyuningsih (2002:10), “kualitas  sebagai suatu strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen internal dan eksternal,
(http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/226/SKRIPSI%20FIX.pdf?sequence=3 diakses pada tanggal 17 Febuari 2015 pukul 20.50)

2)       Menurut American Society for Quality Control kualitas adalah keseluruhan ciri-ciri dan karakteristik karakteristik dari suatu produk/jasa dalam hal kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan yang telah ditentukan atau bersifat laten. (Lupiyoadi, 2001: 144)

(http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/226/SKRIPSI%20FIX.pdf?sequence=3

3)       Organisasi Pengendalian Kualitas Eropa atau European Organization For Quality Qontrol  (EOQC) mendefinisikan bahwa kualitas adalah totalitas keistimewaan dan karakteristik suatu produk dan jasa yang berhubungan dengan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan atau kepuasan tertentu.
( http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=15817 diakses 20 februari 2015 pukul 16.50 WIB )

4)      Menurut Dale (2003:20) menyimpulkan bahwa kualitas tidak dapat dinegosiasikan (quality is not negotiable), kualitas meliputi semua hal (quality is all-pervasive), kualitas meningkatkan produktivitas , kualitas meningkatkan produktivitas, kualitas mempengaruhi kinerja yang lebih baik pada pasar, kualitas berarti meningkatkan kinerja bisnis.
(http://www.damandiri.or.id/file/setiawanwicaksonounbrawbab2.pdf diakses tgl 20 februari 2015 pukul 17.10)

5)      Menurut Wyckof dalam Arief (2007), kualitas jasa adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan.
(http://thesis.binus.ac.id/Asli/Bab2/2011-2-00392-mc%202.pdf diakses tgl 20 februari 2015 pukul 17.00 WIB)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar