Pada Hari selasa kemarin tanggal 21 April 2015, seperti
biasa perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendiidkan di ruang 306. Pada
pertemuan kali ini pa Amril tidak bisa hadir sehingga perkuliahan dilanjutkan
dengan presentasi kelompok yang dijelaskan oleh ariq diaz dan Jujun Junaedi
yang menjelaskan tentang Konsep Merk dagang dan Konsep Nilai dalam Pemasaran
Jasa Pendidikan
Merek adalah sebuah nama, istilah,
tanda, simbol atau rancangan atau bahkan kombinasi dari semuanya tadi, yang
dimaksudkan untuk menyebutkan barang-barang atau jasa dari seseorang atau
sekelompok penjual agar terbedakan dari para pesaingnya.
Merek mempunyai manfaat bagi konsumen dan juga bagi
penjual. Manfaat bagi konsumen adalah :
1.
Mempermudah meneliti produk atau jasa
2.
Membantu konsumen memperoleh kualitas yang sama jika mereka
membeli ulang.
Manfaat merek bagi penjual adalah :
1) Nama merek
mempermudah penjualan untuk mengolah pesanan-pesanan
2) Merek juga membantu
penjual mengawasi pasar merek
Selain memiliki manfaat merk juga memiliki beberapa fungsi
diantaranya : Pertama,
untuk IDENTITAS, maksudnya dengan memberi merek maka kita akan
mengetahui jenis barang yang dijual. Kedua , KUALITAS, maksudnya tidak dipungkiri banyak orang
melihat kualitas suatu produk baik atau buruk melihat dari mereknya. Ketiga, LOYALITAS,
maksudnya untuk membuat orang-orang setia pada produk yang kita buat maka harus
membuat suatu merek yang menarik dan membuat orang loyal dengan produk kita. Keempat, CITRA/IMAGE
maksudnya suatu merek dapat membuat kita terlihat atau terdengar bagus sehingga
dapat menaikan citra produk kita.
Building Strong Brands (membangun merek yang kuat)
1.
Brand Positioning (penempatan merek)
2.
Brand Name Selection (seleksi nama merek)
3.
Brand sponsorship (sponsor merek)
4.
Brand Development (mengembangkan merek)
5.
Managing Brand
Nilai adalah perkiraan konsumen akan kapasitas
keseluruhan produk untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam dunia pemasaran, nilai
digunakan untuk membedakan dan memposisikan sebuah merk dagang. Nilai merupakan
salah satu topik yang menarik dalam menjelaskan perilaku konsumen dan juga
perilaku lingkungan yang ada saat ini. Cara menghantarkan nilai pelanggan yang
tinggi meliputi semua pengalaman yang akan didapatkan pelanggan dalam proses
memperoleh dan menggunakan penawaran. Terdapat beberapa langkah analisis nilai
pelanggan. Pertama, mengidentifikasi atribut dan manfaat utama yang dinilai.
Kedua, menilai arti penting kuantitatif dari atribut dan manfaat yang berbeda.
Ketiga, dengan mengamati nilai pelanggan sepanjang waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar