Minggu, 05 April 2015

Lanjutan MARKETING MIX



Pada perkuliahan MPJ hari Selasa, 31 Maret Pak Amril tidak bisa hadir. jadi perkuliahan dilanjutkan dengan presentasi  kelompok melanjutkan pembahasan minggu sebelumnya. ini resume dari materi yang disampaikan teman kelompok yg presentasi yaitu Zahra Nani Ryo...

Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan unsur-unsur pemasaran yang saling terkait dibaurkan, diorganisasi dan digunakan dengan tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran yang efektif, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Menurut Kotler dan Armstrong ada Empat kelompok variabel bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P:
1.       Produk (Product
kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran.
  1. Harga (Price)
sejumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk.
  1. Distribusi (Place)
aktivitas perusahaan agar produk mudah didapatkan konsumen Sasarannya.
  1. Promosi (Promotion)
meliputi produk (barang), price (harga), distribusi (place) dan Promosi (kegiatan memasarkan barang)

Menurut Alma peranan elemen bauran Pemasaran dalam lembaga pendidikan :
1.       P1 = Product : merupakan hal yang paling mendasar yang akan menjadi pertimbangan preferensi pilihan bagi calon.
Misalnya jurusan apa yang tersedia pada satu universitas, ada jurusan favorit dan ada yang tidak. Demikian pula performance dari lulusan jurusan tertentu pada universitas tersebut, turut mempengaruhi pilihan calon.

2.       P2 = Price
Elemen ini berjalan sejajar dengan mutu produk. Apabila mutu produk baik, maka calon mahasiswa berani membayar lebih tinggi. Bila SPP dinaikkan apakah minat masuk PT berkurang? Tidak, sepanjang SPP tersebut masih dirasa dalam batas keterjangkauan mahasiswa. Akan tetapi ada perguruan tinggi yang menetapkan SPP tinggi sekali, peminatnya tetap banyak.

3.       P3 = Place
Pada umumnya para pimpinan PTS sependapat bahwa lokasi, letak PTS yang mudah dicapai kendaraan umum, cukup berperan sebagai bahan pertimbangan calon mahasiswa untuk memasuki PTS

4.       P4 = Promotion
Elemen promosi berlebihan mempunyai hubungan korelatif negative terhadap daya tarik peminat dan ternyata PTS kuat melaksanakan promosi lebih rendah dari pada PTS lemah.

5.       P5 = Physical Evidence
Adalah berupa tampilan bangunan, laboratorium, lapangan olahraga, pertamanan dsb.

6.       P6 = People
Ini dapat berupa perilaku unsure pimpinan PTS, tercermin pada siapakah yang memimpin?  Figur seorang pimpinan universitas dapat membawa perkembangan pesat bagi universitas tersebut, dan dapat pula seorang pimpinan menjatuhkan nama baik lembaga. Dapat juga dosen dan seluruh karyawan yang melayani mahasiswa

7.       P7 = Process
Yaitu bagaimana proses yang dialami mahasiswa selama dalam pendidikan, misalnya proses tentamen, proses bimbingan skripsi, proses ujian, proses wisuda dsb

A.      PRODUCT
meliputi :
-          Merek dan Diferensiasi
-          Bukti Fisik (Physical evidence)
-          Bukti penting (essential evidence)
-          Struktur biaya
-          Bukti pendukung (peripheral evidence)
-          Sumber daya yang digunakan
-          Siklus hidup jasa
-          Kondisi ekonomi secara umum
-          Elastisitas permintaan
-          Kapasitas jasa

Strategi Produk
       Konsep produk; produk inti, produk formal, dan produk tambahan.
       Merek dagang (Brand)
       Kemasan (Packaging)
       Kualitas/mutu produk
       Pelayanan (Services)
       Diversifikasi produk
       Pengembangan produk

Siklus Usaha Produk (Product Life Cycle/PLC)
       Tahap pengenalan (introduction)
       Tahap pertumbuhan (growth)
       Tahap pematangan (maturity)
       Tahap penurunan (decline)
B.      PRICE
Strategi Harga
       Tujuan Penetapan Harga
o   Memperoleh laba yang maksimum.
o   Mendapatkan share pasar tertentu
o   Mencapai tingkat hasil penerimaan penjualan maksimum
o   Mencapai keuntungan yang ditargetkan

       Faktor-faktor yang mempengaruhi:
       Positioning (pemosisian) jasa.
       Sasaran perusahaan.
       Tingkat persaingan.

C.      PLACE
Strategi Penyaluran/Distribusi
       Saluran langsung
       Saluran tidak langsung
       Saluran distribusi
o   Penjual langsung (direct sales).
o   Agen atau broker.
o   Waralaba (franchises) dan pengantar jasa terkontrak.
Lokasi
o   Konsumen mendatangi pemberi jasa (perusahaan)
o   Pemberi jasa mendatangi konsumen
o   Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung

  1. Promotion
Strategi Promosi
       Advertising                                         - Sales Promotion
       Public relations and publicity       - Non Personal Selling
       Personal selling
       Direct marketing

Kesimpulan dari elemen-elemen bauran pemasaran :
1.       Produk
Barang atau jasa yang dipasarkan.  Di dalam produk terdapat Merek dagang (Brand), Kemasan (Packaging), Kualitas/mutu produk, Pelayanan (Services), Diversifikasi produk, Pengembangan produk
2.       Price
Jumlah yg akan dibayar oleh konsumen untuk membayar produk. Harga meliputi unsur-unsur daftar harga, potongan, bonus, jangka waktu pembayaran, aturan kredit. Harga biasanya digunakan oleh konsumen/pelanggan sebagai indikator kualitas. Artinya kalau harganya mahal seharusnya kualitasnya baik, dan sebaliknya, kalau harganya murah, maka produk/jasa yang dibeli biasanya kualitasnya tidak baik
3.       Place
Sarana yang produsen gunakan untuk memasarkan/menjual produk atau jasa.  Tempat ini dibedakan menjadi dua ada yaitu:
-          Saluran tempat secara langsung seperti pasar, toko, warung, agen,  internet, mail order, direct mail dsb.
-          Saluran tempat tidak langsung atau distribusi seperti pabrik –konsumen, pabrik – eceran – konsumen , pabrik – grosir – eceran – konsumen
4.       Promotion
Cara produsen menawarkan barang atau jasa yang ia jual ke konsumen. Cara promosi seperti advertising, public relations and publicity, personal selling, non personal selling dan direct marketing

5.       People
Orang atau SDM yang mewakili bisnis. People meliputi karyawan, manajemen, budaya yang  dikembangkan dan custumer service

6.       Proces
Gabungan semua aktivitas yang terdiri atas prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktivitas, dan hal-hal rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen, meliputi Kompleksitas (complexity) dan Keragaman (divergence)

7.       Physical Environment (Lingkungan Fisik)   : Keadaan sekitar atau suasana sekitar atau Merupakan lingkungan fisik dimana jasa disampaikan, perusahaan jasa dan konsumennya berinteraksi dan setiap komponen yang berwujud memfasilitasi penampilan atau komunikasi jasa tersebut. Lingkungan fisik meliputi smart (kecerdasan), run-down (susunan acara), Interface (antarmuka), Comfort (kenyamanan) dan facilities (fasilitas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar