Pada perkuliahan MPJ hari Selasa, 31 Maret Pak Amril tidak
bisa hadir. jadi perkuliahan dilanjutkan dengan presentasi kelompok melanjutkan pembahasan minggu
sebelumnya. ini resume dari materi yang disampaikan teman kelompok yg
presentasi yaitu Zahra Nani Ryo...
Marketing
mix atau bauran pemasaran merupakan unsur-unsur pemasaran yang saling terkait
dibaurkan, diorganisasi dan digunakan dengan tepat, sehingga perusahaan dapat
mencapai tujuan pemasaran yang efektif, sekaligus memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen.
Menurut Kotler
dan Armstrong ada Empat kelompok variabel bauran pemasaran yang dikenal
dengan 4P:
1. Produk (Product
kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar
sasaran.
- Harga (Price)
sejumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan
untuk memperoleh produk.
- Distribusi (Place)
aktivitas perusahaan agar produk mudah
didapatkan konsumen Sasarannya.
- Promosi (Promotion)
meliputi produk (barang), price (harga),
distribusi (place) dan Promosi (kegiatan memasarkan barang)
Menurut
Alma peranan elemen bauran Pemasaran dalam lembaga pendidikan :
1.
P1
= Product : merupakan hal yang paling mendasar yang akan menjadi
pertimbangan preferensi pilihan bagi calon.
Misalnya jurusan apa yang tersedia pada satu universitas, ada jurusan
favorit dan ada yang tidak. Demikian pula performance dari lulusan jurusan
tertentu pada universitas tersebut, turut mempengaruhi pilihan calon.
2.
P2
= Price
Elemen ini berjalan sejajar dengan mutu produk. Apabila mutu produk
baik, maka calon mahasiswa berani membayar lebih tinggi. Bila SPP dinaikkan
apakah minat masuk PT berkurang? Tidak, sepanjang SPP tersebut masih dirasa
dalam batas keterjangkauan mahasiswa. Akan tetapi ada perguruan tinggi yang
menetapkan SPP tinggi sekali, peminatnya tetap banyak.
3.
P3
= Place
Pada umumnya para pimpinan PTS sependapat bahwa lokasi, letak PTS yang
mudah dicapai kendaraan umum, cukup berperan sebagai bahan pertimbangan calon
mahasiswa untuk memasuki PTS
4.
P4
= Promotion
Elemen promosi berlebihan mempunyai hubungan korelatif negative terhadap
daya tarik peminat dan ternyata PTS kuat melaksanakan promosi lebih rendah dari
pada PTS lemah.
5.
P5
= Physical Evidence
Adalah berupa tampilan bangunan, laboratorium, lapangan olahraga,
pertamanan dsb.
6.
P6
= People
Ini dapat berupa perilaku unsure pimpinan PTS, tercermin pada siapakah
yang memimpin? Figur seorang pimpinan
universitas dapat membawa perkembangan pesat bagi universitas tersebut, dan
dapat pula seorang pimpinan menjatuhkan nama baik lembaga. Dapat juga dosen dan
seluruh karyawan yang melayani mahasiswa
7.
P7
= Process
Yaitu bagaimana proses yang dialami mahasiswa selama dalam pendidikan,
misalnya proses tentamen, proses bimbingan skripsi, proses ujian, proses wisuda
dsb
A. PRODUCT
meliputi :
-
Merek
dan Diferensiasi
-
Bukti
Fisik (Physical evidence)
-
Bukti
penting (essential evidence)
-
Struktur
biaya
-
Bukti
pendukung (peripheral evidence)
-
Sumber
daya yang digunakan
-
Siklus
hidup jasa
-
Kondisi
ekonomi secara umum
-
Elastisitas
permintaan
-
Kapasitas
jasa
Strategi Produk
• Konsep produk; produk inti, produk
formal, dan produk tambahan.
• Merek dagang (Brand)
• Kemasan (Packaging)
• Kualitas/mutu produk
• Pelayanan (Services)
• Diversifikasi produk
• Pengembangan produk
Siklus Usaha Produk (Product Life Cycle/PLC)
• Tahap pengenalan (introduction)
• Tahap pertumbuhan (growth)
• Tahap pematangan (maturity)
• Tahap penurunan (decline)
B. PRICE
Strategi Harga
• Tujuan Penetapan Harga
o
Memperoleh
laba yang maksimum.
o
Mendapatkan
share pasar tertentu
o
Mencapai
tingkat hasil penerimaan penjualan maksimum
o
Mencapai
keuntungan yang ditargetkan
• Faktor-faktor yang mempengaruhi:
•
Positioning (pemosisian) jasa.
•
Sasaran
perusahaan.
•
Tingkat
persaingan.
C. PLACE
Strategi Penyaluran/Distribusi
• Saluran langsung
• Saluran tidak langsung
• Saluran distribusi
o
Penjual
langsung (direct sales).
o
Agen
atau broker.
o
Waralaba
(franchises) dan pengantar jasa terkontrak.
Lokasi
o
Konsumen
mendatangi pemberi jasa (perusahaan)
o
Pemberi
jasa mendatangi konsumen
o
Pemberi
jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung
- Promotion
Strategi Promosi
• Advertising - Sales Promotion
• Public relations and publicity - Non Personal Selling
• Personal selling
• Direct marketing
Kesimpulan
dari elemen-elemen bauran pemasaran :
1.
Produk
Barang atau jasa yang
dipasarkan. Di dalam produk terdapat
Merek dagang (Brand), Kemasan (Packaging), Kualitas/mutu produk,
Pelayanan (Services), Diversifikasi produk, Pengembangan produk
2.
Price
Jumlah yg akan dibayar
oleh konsumen untuk membayar produk. Harga meliputi unsur-unsur daftar harga,
potongan, bonus, jangka waktu pembayaran, aturan kredit. Harga biasanya
digunakan oleh konsumen/pelanggan sebagai indikator kualitas. Artinya
kalau harganya mahal seharusnya kualitasnya baik, dan sebaliknya, kalau
harganya murah, maka produk/jasa yang dibeli biasanya kualitasnya tidak baik
3.
Place
Sarana yang produsen
gunakan untuk memasarkan/menjual produk atau jasa. Tempat ini dibedakan menjadi dua ada yaitu:
-
Saluran
tempat secara langsung seperti pasar, toko, warung, agen, internet, mail order, direct mail dsb.
-
Saluran
tempat tidak langsung atau distribusi seperti pabrik –konsumen, pabrik – eceran
– konsumen , pabrik – grosir – eceran – konsumen
4.
Promotion
Cara produsen menawarkan
barang atau jasa yang ia jual ke konsumen. Cara promosi seperti advertising, public relations and publicity,
personal selling, non personal selling dan direct marketing
5. People
Orang atau SDM yang
mewakili bisnis. People meliputi karyawan, manajemen, budaya yang dikembangkan dan custumer service
6. Proces
Gabungan semua aktivitas yang terdiri
atas prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktivitas, dan hal-hal rutin,
dimana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen, meliputi Kompleksitas (complexity)
dan Keragaman (divergence)
7. Physical Environment (Lingkungan
Fisik) : Keadaan sekitar atau suasana
sekitar atau Merupakan lingkungan fisik dimana jasa disampaikan, perusahaan
jasa dan konsumennya berinteraksi dan setiap komponen yang berwujud
memfasilitasi penampilan atau komunikasi jasa tersebut. Lingkungan fisik
meliputi smart (kecerdasan), run-down (susunan acara), Interface (antarmuka),
Comfort (kenyamanan) dan facilities (fasilitas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar