Minggu, 26 April 2015

Resume Pekuliahan lanjutan Pengembangan Produk

Pada perkuliahan MPJ hari Selasa, 14 April 2015 , Pak Amril tidak bisa hadir menjelaskan
 Mengenai Pengembangan Produk  berikut resumenya J

A.    Pengembangan produk
Pengembangan produk adalah serangkaian aktifitas yang dimulai dari analisis persepsi dari peluang pasar kemudian diakhiri dengan tahap produksi.

B.     Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle, PLC)
PLC merupakan konsep yang penting dalam pengembangan produk dan pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu poduk hasil pengembangan. Ada beberapa sebab dilakukannya PLC (Product Life Cycle) yaitu:
1.      Produk memiliki umur yang terbatas
2.      Penjualan produk melalui berbagai tahap yang berbeda, masing-masing memberikan tantangan, peluang dan masalah yang berbeda bagi penjual
3.      Laba naik dan turun pada berbagai tahap siklus hidup produk

Siklus hidup produk terdiri dari 5 tahap, yaitu:
1.      Tahap penemuan dan pengembangan produksi (discovery and development)
2.      Tahap perkenalan (introduction)
3.      Tahap pertumbuhan (Growth)
4.      Tahap kedewasaan (maturity)
5.      Tahap penurunan (decline)

C.    Enam Kategori Produk Baru:
1.      Produk baru bagi dunia
2.      Lini produk baru yaitu bagian-bagian dari produk
3.      Tambahan pada lini produk yang telah ada
4.      Perbaikan dan revisi produk yang telah ada
5.      Repositioning/ penentuan kembali posisi
6.      Pengurangan biaya

D.    Mengorganisasikan Pengembangan Produk Baru
1.      Manajer produk
2.      Manajer produk baru
3.      Komite manajemen tingkat tinggi
4.      Departemen produk baru
5.       Kelompok kerja: suatu kelompok yang berasal dari berbagai departemen operasi dan  
 ditugaskan untuk mengembangkan suatu produk atau bisnis tertentu

E.     Mengelola Proses Pengembangan Gagasan
Lahirnya suatu gagasan mengenai produk baru dapat muncul  ketika hal-hal berikut ini yaitu:
1.      Berinteraksi dengan yang lain:
a.       Wiraniaga
b.      Perantara
c.       Juara produk
2.      Penyaringan gagasan:
a.       Manajer gagasan
b.      Komite gagasan
c.       Dua jenis kesalahan pada penyaringan gagasan
3.      Pengembangan Dan Pengujian Konsep:
a.       Gagasan produk, adalah produk yang mungkin dapat ditawarkan oleh perusahaan ke pasar
b.      Konsep produk, versi terinci dan suatu gagasan yang dinyatakan dalam istilah-istilah berarti bagi konsumen
4.      Pengembangan konsep
a.       Konsep kategori, yang menentukan persaingan produk
b.      Peta positioning produk, yang menunjukkan posisi sekarang dan merek minuman sarapan instan yang sudah ada
5.      Konsep merek


F.     Penyebab Kegagalan Produk Baru
1.      Eksekutif level tinggi mungkin memaksakan gagasan favorit walaupun hasil riset pasar negaif
2.      ide itu bagus, tapi perkiraan ukuran pasarnya terlalu berlebihan.
3.      Produk tidak dirancang dengan baik
4.      Produk diposisikan secara keliru di pasar tak diiklankan secara efektif, atau tertalu mahal.
5.      Produk gagal untuk memperoleh cakupan distribusi dan dukungan yang cukup.
6.      Biaya pengembangan lebh tinggi darpada yang diperkirakan
7.      Pesaing membalas dengan lebih gencar darpada yang diperkirakan

G.    Factor-Faktor yang Cenderung Menghambat Pengembangan Produk Baru
1.      Kekurangan gagasan mengenai produk baru yang penting di bidang tertentu
2.      Pasar yang terbagi-bagi
3.      Kendala sosial dan pemerintah
4.      Mahalnya proses pengembangan produk baru
5.      Kekurangan modal
6.      Waktu pengembangan yang lebih singkat.
7.      Siklus hidup produk yang lebh singkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar