Selasa, 26 Mei 2015

Analisis Laporan Outing Class di Ayam Kremes Kraton



A.     SEGEMENTASI
Mengingat pentingnya pemasaran, maka AYAM KREMES KRATON harus menetukan segmen pasarnya. Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dipilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Maka segmentasi pasar AYAM KREMES KRATON diantaranya :
1.      Segmentasi Geografis
AKK terletak di Jalan Utan Kayu Raya No. 109, Matraman, Jakarta Timur dan sekitar 300 meter dari UNJ. Letaknya yang strategis berada di jalan raya, pengubung ke jalan raya besar menjadikan lokasi ini selalu ramai dilewati kendaraan, baik angkot ataupun kendaraan pribadi. Lalu lintas di jalan raya utan kayu ini cukup padat sehingga sering terjadi kemacetan. terlebih daerah utan kayu juga  berada tidak jauh dari kampus dan perkantora.  Sehingga  pada jam-jam makan ketika konsumen melewati jalan ini AKK sangat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut.
2.      Segmentasi  Demografis
a.      Usia                       : Segala Usia
b.      Jenis Kelamin        : Pria dan Wanita
c.       Agama                   : Semua Agama
d.      Pendapatan           : 250.000/bulan (mahasiswa)
              500.000/bulan (pekerja)
Daerah utan kayu ini, penduduknya tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli
Jakarta, tetapi juga terdapat kaum pendatang yang biasanya ngekos atau pun
mengontrak. Kaum pendatang tersebut biasanya kaum muda seperti mahasiswa Peluang ini dapat kita manfaatkan karena rata-rata anak kos biasanya lebih munyukai  hal - hal yang cepat saji serta dapat  pula sebagai alternatif makanan lain jika bosan terhadap menu rumahan sehari-hari.

3.      Segmentasi Psikografis
Yakni membagi pasar menjadi beberapa unit berdasarkan, kelas sosial, gaya hidup, kepribadian. Pastinya gaya hidup dan kepribadian masyarakat kota dan masyarakat desa sangat berbeda, mayoritas di masyrakat desa tidak gemar untuk membeli jajanan di luar, lebih memilih makan  masakan di rumah sendiri dari pada di luar. Sedangkan pada masyarakat kota terutama di wilayah utan kayu yang padat penduduk ini di lebih gemar untuk membeli jajanan di luar, karena lebih instan untuk memamakannya.

B.        MARKET TARGETING
Target pasar AYAM KREMES KRATON adalah semua kalangan. Seperti    pelajar, mahasiswa, karyawan-karyawan perkantoran, kumpulan anak-anak muda, kumpulan kelurga, dan lain sebagainya.

C.        POSITIONING
AYAM KREMES KRATON menciptakan image restorannya  adalah restoran ayam yang memiliki keunikan dengan kremes nya yang pertama dan terenak yang ada di Jakarta. Manger juga ingin mejadikan AKK Sebagai restaurant ayam cepat sajinya Indonesia.

D.     MARKETING MIX
a.      Product
Product yang ditawarkan AKK merupakan product yang memiliki kualitas terbaik dengan gizi yang terbaik juga. Product yang ditawarkan dalam bentuk paket, mulai dari ayam, ikan dan bebek serta dilengkapi dengan tiga pilihan sayur seperti tumis kagkung, sayur asam, dan sayur lodeh. Untuk menambah kenikmatannya AKK menyediakan empat jenis sambal yang terdiri dari, sambal terasi, sambal bawang, sambal penyet dan sambal ijo yang keemmpatnya memiliki rasa pedas yang berbeda-beda. Tujuannya agar membuat konsumen dapat menikmati daging ayamnya dengan paduan sambal yang berbeda dan nantinya juga dapat melihat jenis sambal yang paling banyak diminati.

b.      Price
Harga yang ditawarkan AKK terbilang murah karena harga paket dimulai dari harga Rp 18.000-31.000. Paket yang ditawarkan sudah termasuk nasi putih, ayam/ikan, tahu , tempe lalapan, air mineral. Jika konsumen ingin mengganti nasi putih menjadi nasi uduk, Konsumen hanya menambah Rp 1.000 saja. Harga yang seperti ini cukup menarik konsumen yang ingin menyatap menu instan tetapi malas membuatnya.

c.       Place
Salah satu tempat yang dipilih menjadi cabang AKK adalah di Jalan Utan Kayu. AKK mempunyai 5 cabang di Jakarta, selain di Utan Kayu, cabang AKK berada di Sunter, Gading Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. Cabang Utan Kayu ini tempatnya bisa dikatakan strategis karena letaknya berada di sekita orang kantoran dan mahasiswa. Namun, untuk fasilitas yang disediakan AKK Utan Kayu masih belum dibilang memuaskan karena disini tempat parkir masih kecil, tidak adanya musholah, tempat makannya pun hanya 1 lantai saja.

d.      People
Sumberdaya yang dimiliki AKK yaitu ada pelayan, OB ,bagian gerobak (penyaji makanan),kasir, cuci piring, dan supervisor. Sementara itu, untuk delivery yaitu ada bagian goreng,bungkus,dan pengantar makanan. Untuk cabang Utan Kayu ini pegawainya berjumlah 17 orang.


e.      Process
Ayam Kremes Kraton (AKK) buka setiap harinya dari jam 10.00-22.00 WIB. AKK menyediakan jasa delivery namun belum dengan system call center. Pengolahan makanan disini pun ayamnya sudah tinggal goreng di outlet, Ada dapur pusat untuk unkep ayam, kremes juga sudah ada. Kremes dan sambal juga memproduksinya di rumah pemilik. Hal ini dilakukan agar cita rasa tetap terjaga. Dengan hanya satu yang memasak, bisa menjadi suatu kelebihan karena rasa di setiap cabang tidak ada bedanya karena yang memasak dari satu sumber saja.

f.        Physical Environment
Bangunan AKK yaitu dalam bentuk ruko 1 lantai. Di satu lantai tersebut sudah ada kamar mandi, tempat memasak, tempat untuk konsumen makan, dan tempat untuk melayani konsumen. Tampilan bangunannya berwarna kuning yang menonjolkan keraton karena warna kuning ini sangat elegant. Fasilitas yang diberikan yaitu kipas angin, toilet, dan suasana berbau jawa.

E.      KONSEP PRODUK
AYAM KREMES KRATON merupakan  rumah  makan yang meyediakan sajian ayam dalam berbagai varian. Seperti telah diketahui bersama semakin hari santapan kuliner berbahan  ayam yang digoreng semakin  beragam jenisnya, ada beberapa jenis masakan Ayam Goreng beberapa diantaranya adalah Ayam goreng  dengan berbagai macam saus, Ayam Goreng tepung,  Ayam goreng tulang lunak, Ayam goreng serundeng dan masih banyak lainnya. Namun  produk yang menjadi  andalannya adalah ayam goreng yang dilengkapi dengan  taburan  “kremes” yang dibuat dengan bahan dasar tepung dicampur bumbu-bumbu rahasia  yang  kemudian dicairkan lalu digoreng hinga membentuk kremesan . Oleh karena itu, Ayam Goreng yang akan dipasarkan  yaitu  model Ayam  Goreng Kremesan, hal ini mengingat animo masyarakat terhadap jenis ayam goreng seperti ini. Konsep produk yang  ditawarkan AYAM KREMES KRATON  sebenarnya tidak  jauh berbeda dari  konsep yang telah ditawarkan oleh para pedahulunya yang telah memasarkan produk serupa. Dengan rasa yang khas, seperti daging ayamnya yang tidak berbau amis, kremes yang berbumbu dan renyah, serta tekstur daging yang hampir mendekati ayam tulangnya lunak maka dapat dikatakan Ayam Goreng Produk AKK adalah produk lama dengan inovasi baru dari Produk sejenis yang ada di pasar ini.

F.       PENGEMBANGAN PRODUK
Pengembangan produk yang dilakukan kedepan untuk produk ayam goreng ini agak sulit mengingat bahwa Model atau jenis dari masakan Ayam Goreng memiliki karakteristik tersendiri, pasar tersendiri dan langganan atau customer tersendiri pula. Kemungkinan yang dapat dikembangkan adalah cara penyajian ataupun cara pendistribusian ke langganan. Jenis Ayam Goreng kremes tulang lunak bisa jadi salah satu dari pengembangan produk AKK karena menurut manager AKK ibu Rovi,  pada saat ini AKK sedang mencoba membuat produk ayamnya mendekati ayam tulang lunak namun saat ini baru daging ayamnya saja yang empuk dan lunak tulanya belum.




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar