A. SEGEMENTASI
Mengingat
pentingnya pemasaran, maka AYAM KREMES KRATON harus menetukan segmen pasarnya. Segmentasi pasar adalah
pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana
tiap kelompok (bagian) dapat dipilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan)
untuk pemasaran suatu produk. Maka segmentasi pasar AYAM KREMES KRATON
diantaranya :
1. Segmentasi Geografis
AKK terletak di Jalan
Utan Kayu Raya No. 109, Matraman, Jakarta Timur dan sekitar 300 meter dari UNJ.
Letaknya yang strategis berada di jalan raya, pengubung ke jalan raya besar
menjadikan lokasi ini selalu ramai dilewati kendaraan, baik angkot ataupun
kendaraan pribadi. Lalu lintas di jalan raya utan kayu ini cukup padat sehingga
sering terjadi kemacetan. terlebih daerah utan kayu
juga berada tidak jauh dari kampus dan
perkantora. Sehingga pada jam-jam makan ketika konsumen melewati
jalan ini AKK sangat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut.
2. Segmentasi Demografis
a.
Usia :
Segala Usia
b.
Jenis Kelamin : Pria dan Wanita
c.
Agama : Semua Agama
d.
Pendapatan : 250.000/bulan (mahasiswa)
500.000/bulan (pekerja)
Daerah utan kayu
ini, penduduknya tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli
Jakarta, tetapi
juga terdapat kaum pendatang yang biasanya ngekos atau pun
mengontrak.
Kaum pendatang tersebut biasanya kaum muda seperti mahasiswa Peluang ini dapat
kita manfaatkan karena rata-rata anak kos biasanya lebih munyukai hal - hal yang cepat saji serta dapat pula sebagai alternatif makanan lain jika
bosan terhadap menu rumahan sehari-hari.
3. Segmentasi
Psikografis
Yakni membagi pasar menjadi beberapa unit berdasarkan, kelas sosial, gaya
hidup, kepribadian. Pastinya gaya hidup dan kepribadian masyarakat kota dan
masyarakat desa sangat berbeda, mayoritas di masyrakat desa tidak gemar untuk
membeli jajanan di luar, lebih memilih makan
masakan di rumah sendiri dari pada di luar. Sedangkan pada masyarakat
kota terutama di wilayah utan kayu yang padat penduduk ini di lebih gemar untuk
membeli jajanan di luar, karena lebih instan untuk memamakannya.
B.
MARKET
TARGETING
Target pasar
AYAM KREMES KRATON adalah semua kalangan. Seperti pelajar,
mahasiswa, karyawan-karyawan perkantoran, kumpulan anak-anak muda, kumpulan
kelurga, dan lain sebagainya.
C.
POSITIONING
AYAM KREMES
KRATON menciptakan image restorannya adalah restoran ayam yang memiliki
keunikan dengan kremes nya yang pertama dan terenak yang ada di Jakarta. Manger
juga ingin mejadikan AKK Sebagai restaurant ayam cepat sajinya Indonesia.
D.
MARKETING
MIX
a. Product
Product yang ditawarkan AKK merupakan product yang memiliki kualitas
terbaik dengan gizi yang terbaik juga. Product yang ditawarkan dalam bentuk
paket, mulai dari ayam, ikan dan bebek serta dilengkapi dengan tiga pilihan
sayur seperti tumis kagkung, sayur asam, dan sayur lodeh. Untuk menambah
kenikmatannya AKK menyediakan empat jenis sambal yang terdiri dari, sambal
terasi, sambal bawang, sambal penyet dan sambal ijo yang keemmpatnya memiliki
rasa pedas yang berbeda-beda. Tujuannya agar membuat konsumen dapat menikmati
daging ayamnya dengan paduan sambal yang berbeda dan nantinya juga dapat
melihat jenis sambal yang paling banyak diminati.
b.
Price
Harga yang
ditawarkan AKK terbilang murah karena harga paket dimulai dari harga Rp 18.000-31.000. Paket yang
ditawarkan sudah termasuk nasi putih, ayam/ikan, tahu , tempe lalapan, air mineral. Jika
konsumen ingin mengganti nasi putih menjadi nasi uduk, Konsumen hanya menambah
Rp 1.000 saja. Harga
yang seperti ini cukup menarik konsumen yang ingin menyatap menu instan tetapi
malas membuatnya.
c. Place
Salah satu tempat yang dipilih menjadi
cabang AKK adalah di Jalan Utan Kayu. AKK mempunyai 5 cabang di Jakarta, selain
di Utan Kayu, cabang AKK berada di Sunter, Gading
Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. Cabang Utan Kayu ini tempatnya bisa dikatakan strategis
karena letaknya berada di sekita orang kantoran dan mahasiswa. Namun, untuk
fasilitas yang disediakan AKK Utan Kayu masih belum dibilang memuaskan karena
disini tempat parkir masih kecil, tidak adanya musholah, tempat makannya pun hanya
1 lantai saja.
d.
People
Sumberdaya yang dimiliki AKK yaitu
ada pelayan, OB ,bagian
gerobak (penyaji makanan),kasir, cuci piring, dan supervisor. Sementara itu,
untuk delivery yaitu ada bagian goreng,bungkus,dan pengantar makanan. Untuk cabang Utan Kayu ini pegawainya
berjumlah 17 orang.
e.
Process
Ayam Kremes
Kraton (AKK) buka setiap harinya dari jam 10.00-22.00 WIB. AKK menyediakan jasa delivery namun
belum dengan system call center. Pengolahan makanan disini pun ayamnya sudah tinggal goreng
di outlet, Ada dapur pusat untuk unkep ayam, kremes juga sudah ada. Kremes dan
sambal juga memproduksinya
di rumah pemilik. Hal ini dilakukan agar cita rasa tetap terjaga. Dengan hanya satu yang memasak, bisa menjadi suatu
kelebihan karena rasa di setiap cabang tidak ada bedanya karena yang memasak
dari satu sumber saja.
f.
Physical Environment
Bangunan AKK yaitu dalam bentuk ruko 1 lantai. Di satu lantai tersebut sudah ada kamar mandi, tempat
memasak, tempat untuk konsumen makan, dan tempat untuk melayani konsumen.
Tampilan bangunannya berwarna kuning yang menonjolkan keraton karena warna kuning ini sangat elegant.
Fasilitas yang diberikan yaitu kipas angin, toilet, dan suasana berbau jawa.
E. KONSEP
PRODUK
AYAM KREMES KRATON merupakan rumah
makan yang meyediakan sajian ayam dalam berbagai varian. Seperti telah
diketahui bersama semakin hari santapan kuliner berbahan ayam yang digoreng semakin beragam jenisnya, ada beberapa jenis masakan
Ayam Goreng beberapa diantaranya adalah Ayam goreng dengan berbagai macam saus, Ayam Goreng
tepung, Ayam goreng tulang lunak, Ayam
goreng serundeng dan masih banyak lainnya. Namun produk yang menjadi andalannya adalah ayam goreng yang dilengkapi
dengan taburan “kremes” yang dibuat dengan bahan dasar
tepung dicampur bumbu-bumbu rahasia
yang kemudian dicairkan lalu
digoreng hinga membentuk kremesan . Oleh karena itu, Ayam Goreng yang akan
dipasarkan yaitu model Ayam
Goreng Kremesan, hal ini mengingat animo masyarakat terhadap jenis ayam
goreng seperti ini. Konsep produk yang ditawarkan
AYAM KREMES KRATON sebenarnya tidak jauh berbeda dari konsep yang telah ditawarkan oleh para
pedahulunya yang telah memasarkan produk serupa. Dengan rasa yang khas, seperti
daging ayamnya yang tidak berbau amis, kremes yang berbumbu dan renyah, serta
tekstur daging yang hampir mendekati ayam tulangnya lunak maka dapat dikatakan
Ayam Goreng Produk AKK adalah produk lama dengan inovasi baru dari Produk
sejenis yang ada di pasar ini.
F. PENGEMBANGAN
PRODUK
Pengembangan produk yang dilakukan
kedepan untuk produk ayam goreng ini agak sulit mengingat bahwa Model atau
jenis dari masakan Ayam Goreng memiliki karakteristik tersendiri, pasar
tersendiri dan langganan atau customer tersendiri pula. Kemungkinan yang dapat
dikembangkan adalah cara penyajian ataupun cara pendistribusian ke langganan.
Jenis Ayam Goreng kremes tulang lunak bisa
jadi salah satu dari pengembangan produk AKK karena menurut manager AKK ibu
Rovi, pada saat ini AKK sedang mencoba
membuat produk ayamnya mendekati ayam tulang lunak namun saat ini baru daging
ayamnya saja yang empuk dan lunak tulanya belum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar